BAB III
KOMPUTER DAN BAGIAN-BAGIANNYA www.webopedia.com
Gambar 3.1 Komputer dan Perlengkapannya
A. KOMPUTER UMUM /ALL GENERAL PURPOSE COMPUTERS
Komputer umum adalah komputer yang dapat melakukan banyak jenis
pekerjaan yang berbeda.
Sebagai mesin yang dapat diprogram, komputer memiliki dua karakteristik
sebagai berikut :
• Merespon terhadap kumpulan perintah tertentu yang dibuat secara baik
• Menjalankan daftar perintah yang diberikan (program)
Komputer memiliki komponen yang dibagi dua bagian besar, yaitu:
• Perangkat Keras (Hardware) : bagian fisik dari komputer
Misalnya : Monitor, CPU, Keyboard, dan lain-lain.
• Perangkat Lunak (Software) : program yang berjalan di komputer
Misalnya : Sistem Operasi, Applikasi dan lain-lain.
Dalam penggunaan istilah CPU orang sering salah kaprah. CPU sesuai dengan
kepanjangannya adalah prosesor tetapi masyarakat umumnya menggunakan kata
CPU untuk menggambarkan System Unit yang dibungkus Casing berisi CPU,
motherboard, dll. Oleh karena itu pengertian CPU terkadang harus disesuaikan
dengan konteks kalimatnya.
Kebutuhan minimun hardware adalah :
• Memory : untuk menyimpan data atau program, paling tidak, sementara.
Contoh : RAM, ROM
• Media Penyimpanan : untuk menyimpan data secara permanen dalam
jumlah besar.
Contoh : Disk drive(Hard Disk, Floppy Disk), Tape Drive
• Peralatan Masukan (Input Device) : peralatan untuk memasukkan data
dan perintah ke dalam komputer.
Contoh : Keyboard, Mouse
• Peralatan Keluaran (Output Device) : peralatan untuk menampilkan atau
menghasilkan keluaran dari komputer.
Contoh : Monitor, Printer
• Prosesor (CPU/Central Processing Unit) : merupakan ‘jantung’ dari
komputer yang memproses semua instruksi.
Contoh : Prosesor Intel, Prosesor AMD
• Papan Induk (Mainboard/Motherboard) : papan sirkuit dimana CPU, Input
dan Output Device terpasang yang mensinkronisasikan semuanya.
Prosesor yang berbeda membutuhkan motherboard yang berbeda pula.
Contoh : Motherboard untuk prosesor Intel berbeda Motherboard untuk
presesor AMD.
• Casing / Power Supply : wadah untuk menyusun semua hardware agar
tertata rapi. Wadah/casing ini dilengkapi dengan power supply sebagai
sumber listrik yang mengubah tegangan AC menjadi DC sesuai kebutuhan
setiap hardware.
Kebutuhan minimal software adalah :
• Sistem Operasi
B. KLASIFIKASI KOMPUTER
Komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan konsumsi listrik
(walaupun dapat saling tumpang-tindih), yaitu :
• Komputer Mini/Laptop/Notebook
Komputer jinjing/lipat yang ukurannya kecil, monitor-keyboard-cpu
menyatu, dapat menggunakan batteray sebagai sumber listrik sehingga
dapat dibawa kemana-mana. Termasuk dalam golongan ini adalah Tablet
PC, yaitu notebook dengan layar sentuh / touch screen yang memiliki
sistem operasi yang berbeda dengan komputer biasa karena menggunakan
layar sentuh. Sistem operasi yang umum dipakai adalah Windows XP
Tablet PC Edition. Tersedia juga versi Linux dan Mac.
Gambar 3.2 Tablet PC HP Compaq
• Netbook
Mirip dengan Notebook, hanya sesuai dengan namanya didesign
lebih kepada pengguna yang mobile dan sering berinternet. Netbook tidak
dilengkapi dengan DVDRom internal dan layarnya lebih kecil 8”-11”.
• Komputer Pribadi/Personal Computer(PC)
Ciri fisik PC ditandai dengan keleluasaannya dalam mengganti
hardware sedangkan dari segi penggunanya adalah masyarakat umum.
Karena bentuknya yang besar dan tergantung oleh listrik maka PC tidak
dapat dengan mudah untuk dipindahkan (tidak mobile).
PC dapat digolongkan lagi dalam dua kelompok, yaitu :
�� PC BuildUp : PC yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer tertentu,
misalnya Acer, IBM.
�� PC Rakitan : PC yang dirakit sendiri oleh perseorangan atau toko
komputer.
• Server
Secara fisik mirip dengan PC, hanya casing CPU-nya tetapi memiliki
spesifikasi lebih tinggi (lebih tangguh, lebih cepat, lebih besar
kapasitasnya). Server pada umumnya diproduksi oleh suatu perusahaan
komputer tertentu, misalnya IBM, HP, Dell dan lain-lain, tetapi kadang kala
PC digunakan sebagai server dengan alasan biaya.
• Mainframe
Merupakan kumpulan komputer-komputer yang berfungsi untuk
melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan dengan jumlah data yang
sangat besar.
• Supercomputer
Terdiri dari komputer-komputer mutakhir yang berfokus untuk
melakukan perkerjaan tertentu dengan kecepatan yang sangat tinggi.
C. PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)
Komputer sebagai alat yang fungsi utamanya adalah memproses data,
haruslah mendapat masukan data atau instruksi melalui perangkat tertentu.
Peralatan input ini ada yang memerlukan bantuan manusia sepenuhnya dan ada
yang hanya membutuhkan sedikit interaksi dengan manusia.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan input, yaitu :
�� Keyboard
Keyboard pada mula terhubung dengan system unit lewat port Com,
kemudian diperbarui dengan PS/2 dan yang terbaru menggunakan USB.
Selain koneksi berbentuk kabel, keyboard ada yang terkoneksi dengan
gelombang pendek yang disebut wireless keyboard sehingga tidak
membutuhkan kabel.
�� Mouse
Teknolgi koneksi mouse hampir sama dengan keyboard kecuali
pada mulanya mouse terkoneksi lewat port serial. Teknologi selanjutnya
sama dengan keyboard. Mouse juga dapat dibedakan berdasarkan
teknologi pendeteksi gerakannya menjadi : Mouse dengan track ball dan
Mouse Optic (menggunakan cahaya infra merah).
�� Stylus
Stylus adalah pena yang didesain khusus untuk menulis/menekan
dilayar monitor khusus atau terdapat tipe pena yang terhubung dengan
komputer via kabel dan bisa digunakan untuk menggambar/menulis pada
kertas dan hasilnya tampil di layar monitor.
�� Joystick/Gamepad
Merupakan peralatan input untuk permainan atau simulator.
�� Microphone
Bunyi masuk melalui microphone.
�� Scanner
Berfungsi untuk menyalin gambar/teks yang diletakkan di atasnya.
Hasilnya biasanya berupa gambar di komputer dengan teknologi software
terbaru bila input berupa teks maka scanner dapat mengenalinya sebagai
tulisan yang dapat dipindahkan ke aplikasi pengolah kata, seperti MS
Word.
�� Voice Recognation System
Peralatan yang digunakan untuk memasukan perintah lewat suara
atau biasanya untuk memeriksa kecocokan suara.
�� Sensor
Berupa alat yang memancarkan infra merah, merespon terhadap
benda yang melewatinya/melintasi infra merah. Infra merah juga dipakai
sebagai sensor pada robot.
�� Camera
Menangkap gambar baik berupa foto maupun video sebagai
masukan bagi komputer. Aplikasinya pada webcam (untuk chating atau
telekonverence) atau CCTV (kamera pengintai/pengawas yang dipasang
pada toko, bank, hotel bahkan rumah).
D. PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Peralatan output merupakan kebalikan fungsi dari peralatan input.
Peralatan output berfungsi menterjemahkan data yang diolah untuk dapat
diketahui oleh user.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan output, yaitu :
�� Monitor
Monitor adalah keluaran yang paling umum dimana user dapat
melihat tampilan sesuai dengan perintah yang dimasukkan. Monitor hingga
saat ini dibuat dengan dua teknlogi, yaitu CRT dan LCD.
�� Printer
Printer merupakan alat cetak output dari komputer. Printer
dibedakan menjadi tiga berdasarkan cara mencetak, yaitu : Dot matrix,
Inkjet(dan sejenisnya) dan Laser. Koneksi printer ke komputer juga ada
dua, yaitu : paralel (lama) dan USB (baru).
�� Speaker
Dengan speaker, komputer dapat menghasilkan keluaran berupa
bunyi.
�� LCD Proyektor
Menghasilkan tampilan seperti monitor hanya saja dipancarkan ke
layar atau dinding dengan tampilan lebih besar. Biasanya dipakai untuk
presentasi. Teknologi gambar yang digunakan saat ini adalah DLP dan
LCD.
E. KOMPUTER UNTUK TUJUAN KHUSUS / SPECIAL PURPOSE COMPUTER
Selain komputer yang dibuat untuk tujuan/pemakaian umum, ada juga
komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu / special purpose computer. Komputer
ini dibuat untuk mengerjakan satu tugas tertentu saja.
Contoh komputer untuk tujuan khusus adalah :
• Deep Blue, komputer yang khusus untuk memainkan catur
• GRAPE-6
• 5E89Introcom BAB 2
BAB II
KOMPUTER DAN APLIKASINYA
A. REVOLUSI INDUSTRI
Perkembangan komputer tidak lepas pengaruhnya dari Revolusi Industri
pada tahun 1760 di Inggris. Dengan adanya Revolusi Industri kehidupan
perindustrian berubah dari mekanik menjadi mekanik elektronik bahkan elektronik.
Kehidupan manusia berubah dari masyarakat petani menjadi masyarakat industri.
Masyarakat seakan terbangun dari cara berpikir lama sulit berkembang karena
terbentur keterbatasan teknologi menjadi haus dan berlomba-lomba menguasai
teknologi terbaru.
B. REVOLUSI KOMPUTER
Seiring dengan revolusi industri yang melahirkan teknologi baru yang tiada
henti, komputerpun mengalami revolusi, dari yang bentuknya sebesar rumah
menjadi sebesar buku. Revolusi komputer belum berhenti seiring dengan terus
ditemukannya teknologi baru untuk membuat komputer semakin kecil, ringan,
cepat dan murah. Masyarakat industri mulai berubah menjadi masyarakat
informasi. Segala sesuatu yang analog berubah menjadi digital. Kemunculan
Internet merubah pola hidup dan kerja yang individu/lokal menjadi
global/mendunia karena informasi bisa didapat dan diberi dari dan ke seluruh
dunia.
C. KOMPUTER
Komputer menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah alat elektronik
otomatis yg dapat menghitung atau mengolah data secara cermat
menurut yg diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta
dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile,
dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit
penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Komputer menurut Merriam-Webster Dictionary adalah alat elektronik yang dapat
diprogram yang dapat menyimpan, menerima dan memproses data.
D. TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer)
dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video
(Williams dan Sawyer (2003)).
Teknologi Informasi menurut Merriam-Webster Dictionary adalah teknologi yang
melibatkan pengembangan, pemeliharaan dan menggunakan sistem
komputer, software dan jaringan untuk memproses dan
mendistribusikan data.
Secara umum berdasarkan definisi keduanya, komputer dan teknologi
informasi tidak dapat dipisahkan satu sama lain, bahkan dalam beberapa kasus
dapat saling dipertukarkan artinya.
E. MENGAPA KOMPUTER
Pada awalnya komputer merupakan proyek dari pemerintah tetapi dalam
perkembanganya karena komputer memerlukan teknologi tinggi dan terus
diperbaharui maka pihak akademisi pun ikut memainkan peran penting. Komputer
kemudian bukan hanya menjadi sebuah alat tetapi juga menjadi ilmu yang
dipelajari diberbagai institusi diseluruh penjuru dunia.
Ada beberapa alasan mengapa ilmu tentang komputer perlu dipelajari :
• Komputer sudah merambah hampir diseluruh lapisan dunia kerja bahkan
masyarakat biasa
• Komputer membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan produktif
• Komputer membuat kita terhubung dengan dunia luar
• Komputer merupakan lahan pekerjaan, dan lain-lain.
Mengapa komputer begitu cepat merambah dalam masyarakat terutama
dalam dunia kerja sehingga hampir tidak ada kantor yang tidak ada komputernya?
Ada beberapa alasan mengapa komputer digunakan, yaitu :
• Kecepatan
Kecepatan komputer dalam hal kalkulasi dan pengolahan data
membuat banyak pekerjaan dapat selesai lebih cepat juga, misalnya :
perhitungan bunga bank, antrian di kasir, perhitungan pajak dan lain-lain.
• Keakuratan
Kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh komputer mendekati
0%. Kalaupun terjadi kesalahan itu biasanya disebabkan karna human
error / kesalahan pengoperasian atau kesalahan program yang dijalankan.
Dengan demikian bila segala sesuatu dijalankan sesuai dengan prosedur
yang benar maka komputer menjadi sangat akurat.
• Ketahanan
Sebagaimana mesin-mesin lainnya, komputer umumnya dapat
bekerja 24 jam sehari dengan tidak mempengaruhi tingkat keakuratannya
dan pada komputer dengan spesifikasi yang bagus kecepatannya juga
tidak akan berkurang walau dijalankan berhari-hari.
• Kemampuan Penyimpanan
Dimulai dari loom cards, media penyimpanan di komputer telah
mengalami revolusinya sendiri hingga mampu memiliki kapasitas
penyimpanan hingga Terabyte. Komputer di pasaran di pertengahan tahun
2009 pada umumnya dijual dengan kapasitas hard disk > 200Gb.
• MultiTasking/Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus
Dengan komputer kita dapat melakukan beberapa pekerjaan
sekaligus, misalnya : mencetak laporan ke printer sambil mem’bakar’
datanya ke CD dengan diiringi musik.
• Kemampuan Multimedia (Hiburan)
Komputer masa kini dapat dilengkapi dengan berbagai alat
multimedia yang dapat memberikan hiburan, misalnya : Speaker, TV
Tunner, Mic, DVDRom, dan lain-lain. Adanya perlengkapan ini membuat
komputer tidak hanya dapat digunakan untuk bekerja tetapi juga menjadi
alat hiburan yang lengkap dan canggih.
F. APLIKASI KOMPUTER
Pemanfaatan komputer sangat luas sehingga hampir diseluruh bidang
pekerjaan diperlukan adanya komputer. Di bawah ini beberapa diantaranya
adalah :
• Keuangan
Proses pengelolaan keuangan menjadi sangat terbantu dengan
adanya komputer. Perhitungan bunga tabungan, kredit dan proses ATM
menggunakan komputer. Bahkan hampir disemua perusahaan
mengunakan komputer untuk mencatat keuangannya.
• Industri
Keberadaan komputer tak terpisahkan dengan industri. Pabrikasi
mobil, motor atau apapun menggunakan komputer untuk mengatur mesinmesin
bekerja secara otomatis dan akurat.
• Medis
Dunia medis pun tak ketinggalan memanfaatkan komputer.
Komputer digunakan misalnya untuk memonitoring keadaan pasien dan
mencatat rekam medis pasien.
• Perdagangan
Dengan memanfaatkan komputer proses perdagangan bisa menjadi
lebih cepat, efektif dan efisien. Kasir-kasir di swalayan, ecommerce,
barang-barang yang menggunakan barcode merupakan contoh
pemanfaatan komputer.
• Transportasi
Jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat, kapal, kereta diatur
dengan menggunakan komputer yang terhubung via internet. Pemesanan
dan pembelian tiket juga dapat dilakukan via internet.
• Komunikasi
Komunikasi data menjadi mudah dengan adanya teknologi jaringan
baik bersifat lokal (LAN) ataupun internasional (Internet). Pilihan
komunikasi menjadi sangat beragam. Komunikasi konvensional mulai
ditinggalkan dan diganti dengan komunikasi modern. Surat berganti dengan
email, telepon mendapat saingan dari chatting, video chatting, video
conference, bahkan telepon IP.
• Masih banyak lagi bidang lainnya, misalnya entertaiment, grafis,
pertambangan dan lain-lain.Introcom BAB 1
BAB ISEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTERSejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantumanusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkanhasil lebih cepat.Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang daripenemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupunelektronik.Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiapaspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memilikikemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampumembaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaanpanggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkanberbagai tempat di dunia.Peralatan Pengolahan Data digolongkan dalam 4 golongan besar :�� Peralatan Manual : dengan tangan�� Peralatan Mekanik : peralatan mekanik yg digerakan dengan tangan�� Peralatan Mekanik Elektronik : peralatan mekanik yang digerakkan secaraotomatis oleh motor elektronik�� Peralatan Elektronik : peralatan yang sepenuhnya elektronikA. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator MekanikAbakus merupakan ’Komputer Otomatis Pertama’ hadir 5000 thn lalu diCina dan masih digunakan hingga sekarang dan dipercaya sebagai awal mulamesin komputasi.Abakus berupa bijian geser yang diatur dalam sebuah rak. Digunakanuntuk melakukan perhitungan perdagangan. Seiring dengan hadirnya kertas danalat tulis menulis di eropa, abakus mulai kurang populer.Pada tahun 1642, Blaise Pascal yang baru berumur 19 tahun menemukanapa yang disebut Kalkulator Roda Numerik (numerical wheel calculator) untukmembantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.Kotak persegi kuningan dinamakan Pascaline (Gambar 1.1), menggunakan8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat inimerupakan penghitung berbasis 10 (desimal). Kelemahan alat ini hanya terbatasTahun 1694 seorang filsuf dan matematikawan Jerman, Gottfred Wilhemvon Leibniz memperbaiki Pascaline dengan mempelajari gambarnya hingga mesinitu dapat melakukan perkalian.Charles Xavier kemudian menemukan alat yang disebut Arithometer(Gambar 1.2) yang dapat melakukan 4 operasi matematis dasar, yaitu + - x / .Alat ini populer dan digunakan hingga perang dunia. Mereka bertigamemulai suatu era meknikal komputasi.Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesormatematika Inggris Charles Babbage di tahun 1822. Dia memperhatikan kesuaianantara mesin mekanik dan matematika : mesin mekanik sangat baik dalammengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematikamembutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.Ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaandifferensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial (Gambar 1.3). Denganmenggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapatmelakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.Ia kemudian terinspirasi untuk memulai membuat komputer generalpurposeyang pertama, yang disebut Analytical Engine (Gambar 1.4) dan didanaioleh pemerintah Inggris. Mesin ini direncanakan akan digerakan dengan tenagauap dan benar-benar otomatis. Akan tetapi proyek ini menjadi semakin sulitdikerjakan dan memerlukan biaya yang sangat banyak. Sepuluh tahun kemudianproyek ini belum juga selesai dan dananya habis. Akhirnya mesin ini tidak pernahdiselesaikan. Walaupun begitu, mesin ini telah menjadi ide bagi mesin berikutnyaAnayitical Engine.Pada tahun 1833, Babbage mulai membuat Anayitical Engine sebesarrumah dan digerakkan oleh 6 mesin uap. Mesin ini dapat diprogram berkat adanyatenologi punched card / kartu berlubang yang dibuat oleh Jacquard.
Gambar 1.3 Mesin DifferensialAsisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran pentingdalam pembuatan mesin ini.Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintahInggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik.Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin inimemungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan jugamembuatnya menjadi programmer yang pertama. Pada tahun 1980, DepartemenPertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengannama ADA sebagai penghormatan kepadanya.Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Enginemenggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksioperasi bagi mesin tersebut.Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartuperforasi untuk melakukan penghitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktutujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi,Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untukGambar 1.4 Kartu Berlubang/Loom CardsHollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensusyang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapatmenyimpan hingga 80 variabel.Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalamwaktu enam minggu dan berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkatkesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Ia kemudian mendirikanperusahaannya sendiri, Tabulating Machine Company, yang kemudian menjadiInternational Business Machines atau IBM.Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untukmenyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut sangatbesar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untukmelakukan perhitungan.Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalambentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrikpertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumberpendanaan.Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangunsebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yangdinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerjadengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memilikirentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence ControlledCalculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakansinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanikKomputer ’raksasa’ berikutnya adalah Electronic Numerical Integrator andComputer (ENIAC), terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 jutatitik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yangmengkonsumsi daya sebesar 160kW dan menempati ruangan lebih 167 m2.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980) di University of Pennsylvania,ENIAC merupakan komputer8serbaguna (general purpose computer) yang bekerja lebih cepat dibandingkanMark I. ENIAC bekerja dengan menggunakan punched card dari IBM.Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) mendesainElectronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data danmampu membedakannya. Merupakan komputer pertama yang menggunakanbilangan biner di memori. Ini disebut arsitektur von Neumann dan digunakan dihampir semua komputer digital hingga saat ini. Von Neumann jugaPada akhir tahun 1950, komputer bukan lagi merupakan mesin yang hanyadiproduksi oleh pemerintah dan universitas. Eckert dan Mauchly meninggalkanUniversity of Pennsylvania karena perdebatan tentang siapa yang memiliki hakpaten atas inovasi mereka. Mereka membuat perusahaan sendiri danmemproduksi UNIVAC (Universal Automatic Computer ) merupakan komputerkomersial pertama yang diproduksi secara masal. UNIVAC juga merupakankomputer pertama yang menggunakan pita magnetik.Komputer-komputer generasi pertama ditandai dengan :• Instruksi yang dibuat hanya untuk satu tugas tertentu saja.• Setiap komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda sehinggakomputer lebih sulit diprogram.• Teknologi Tube Vakum yang berukuran besar membuat komputergenerasi pertama juga memiliki ukuran yang ekstra besar• Penggunaan pita magnetik.Dimulai pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhiperkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantupengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapatdiandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalahsuperkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Randmembuat komputer bernama LARC. Komputer generasi kedua menggantikanbahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yangmenggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer yang sukses di bidangbisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua inimerupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka jugamemiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer padasaat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, danprogram.Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasapemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan FormulaTranslator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman inimenggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formulamatematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Industri piranti lunak jugamulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuitterintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tigakomponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasirkuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponenke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya,komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkandalam chip.Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistemoperasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankanberbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utamayang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuransirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapatmemuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very LargeScale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggaldisusul oleh UVLSI (Ultra Very Large Scale Integration).Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada ICdengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processingunit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket pirantilunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang palingpopuler pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Padaawal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen padakomputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yangdigunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkanevolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atasmeja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas(laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasarkomputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafispada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yangberbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible denganpemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serialdari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masukdalam golongan komputer generasi keempat.Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area).
Senin, 24 Oktober 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar