Senin, 24 Oktober 2011

BAB III
KOMPUTER DAN BAGIAN-BAGIANNYA
www.webopedia.com
Gambar 3.1 Komputer dan Perlengkapannya
A. KOMPUTER UMUM /ALL GENERAL PURPOSE COMPUTERS
Komputer umum adalah komputer yang dapat melakukan banyak jenis
pekerjaan yang berbeda.
Sebagai mesin yang dapat diprogram, komputer memiliki dua karakteristik
sebagai berikut :
• Merespon terhadap kumpulan perintah tertentu yang dibuat secara baik
• Menjalankan daftar perintah yang diberikan (program)
Komputer memiliki komponen yang dibagi dua bagian besar, yaitu:
• Perangkat Keras (Hardware) : bagian fisik dari komputer
Misalnya : Monitor, CPU, Keyboard, dan lain-lain.
• Perangkat Lunak (Software) : program yang berjalan di komputer
Misalnya : Sistem Operasi, Applikasi dan lain-lain.
Dalam penggunaan istilah CPU orang sering salah kaprah. CPU sesuai dengan
kepanjangannya adalah prosesor tetapi masyarakat umumnya menggunakan kata
CPU untuk menggambarkan System Unit yang dibungkus Casing berisi CPU,
motherboard, dll. Oleh karena itu pengertian CPU terkadang harus disesuaikan
dengan konteks kalimatnya.
Kebutuhan minimun hardware adalah :
• Memory : untuk menyimpan data atau program, paling tidak, sementara.
Contoh : RAM, ROM
• Media Penyimpanan : untuk menyimpan data secara permanen dalam
jumlah besar.
Contoh : Disk drive(Hard Disk, Floppy Disk), Tape Drive
• Peralatan Masukan (Input Device) : peralatan untuk memasukkan data
dan perintah ke dalam komputer.
Contoh : Keyboard, Mouse
• Peralatan Keluaran (Output Device) : peralatan untuk menampilkan atau
menghasilkan keluaran dari komputer.
Contoh : Monitor, Printer
• Prosesor (CPU/Central Processing Unit) : merupakan ‘jantung’ dari
komputer yang memproses semua instruksi.
Contoh : Prosesor Intel, Prosesor AMD
• Papan Induk (Mainboard/Motherboard) : papan sirkuit dimana CPU, Input
dan Output Device terpasang yang mensinkronisasikan semuanya.
Prosesor yang berbeda membutuhkan motherboard yang berbeda pula.
Contoh : Motherboard untuk prosesor Intel berbeda Motherboard untuk
presesor AMD.
• Casing / Power Supply : wadah untuk menyusun semua hardware agar
tertata rapi. Wadah/casing ini dilengkapi dengan power supply sebagai
sumber listrik yang mengubah tegangan AC menjadi DC sesuai kebutuhan
setiap hardware.
Kebutuhan minimal software adalah :
• Sistem Operasi
B. KLASIFIKASI KOMPUTER
Komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan konsumsi listrik
(walaupun dapat saling tumpang-tindih), yaitu :
• Komputer Mini/Laptop/Notebook
Komputer jinjing/lipat yang ukurannya kecil, monitor-keyboard-cpu
menyatu, dapat menggunakan batteray sebagai sumber listrik sehingga
dapat dibawa kemana-mana. Termasuk dalam golongan ini adalah Tablet
PC, yaitu notebook dengan layar sentuh / touch screen yang memiliki
sistem operasi yang berbeda dengan komputer biasa karena menggunakan
layar sentuh. Sistem operasi yang umum dipakai adalah Windows XP
Tablet PC Edition. Tersedia juga versi Linux dan Mac.

Gambar 3.2 Tablet PC HP Compaq
• Netbook
Mirip dengan Notebook, hanya sesuai dengan namanya didesign
lebih kepada pengguna yang mobile dan sering berinternet. Netbook tidak
dilengkapi dengan DVDRom internal dan layarnya lebih kecil 8”-11”.
• Komputer Pribadi/Personal Computer(PC)
Ciri fisik PC ditandai dengan keleluasaannya dalam mengganti
hardware sedangkan dari segi penggunanya adalah masyarakat umum.
Karena bentuknya yang besar dan tergantung oleh listrik maka PC tidak
dapat dengan mudah untuk dipindahkan (tidak mobile).
PC dapat digolongkan lagi dalam dua kelompok, yaitu :
�� PC BuildUp : PC yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer tertentu,
misalnya Acer, IBM.
�� PC Rakitan : PC yang dirakit sendiri oleh perseorangan atau toko
komputer.
• Server
Secara fisik mirip dengan PC, hanya casing CPU-nya tetapi memiliki
spesifikasi lebih tinggi (lebih tangguh, lebih cepat, lebih besar
kapasitasnya). Server pada umumnya diproduksi oleh suatu perusahaan
komputer tertentu, misalnya IBM, HP, Dell dan lain-lain, tetapi kadang kala
PC digunakan sebagai server dengan alasan biaya.
• Mainframe
Merupakan kumpulan komputer-komputer yang berfungsi untuk
melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan dengan jumlah data yang
sangat besar.
• Supercomputer
Terdiri dari komputer-komputer mutakhir yang berfokus untuk
melakukan perkerjaan tertentu dengan kecepatan yang sangat tinggi.
C. PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)
Komputer sebagai alat yang fungsi utamanya adalah memproses data,
haruslah mendapat masukan data atau instruksi melalui perangkat tertentu.
Peralatan input ini ada yang memerlukan bantuan manusia sepenuhnya dan ada
yang hanya membutuhkan sedikit interaksi dengan manusia.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan input, yaitu :
�� Keyboard
Keyboard pada mula terhubung dengan system unit lewat port Com,
kemudian diperbarui dengan PS/2 dan yang terbaru menggunakan USB.
Selain koneksi berbentuk kabel, keyboard ada yang terkoneksi dengan
gelombang pendek yang disebut wireless keyboard sehingga tidak
membutuhkan kabel.
�� Mouse
Teknolgi koneksi mouse hampir sama dengan keyboard kecuali
pada mulanya mouse terkoneksi lewat port serial. Teknologi selanjutnya
sama dengan keyboard. Mouse juga dapat dibedakan berdasarkan
teknologi pendeteksi gerakannya menjadi : Mouse dengan track ball dan
Mouse Optic (menggunakan cahaya infra merah).
�� Stylus
Stylus adalah pena yang didesain khusus untuk menulis/menekan
dilayar monitor khusus atau terdapat tipe pena yang terhubung dengan
komputer via kabel dan bisa digunakan untuk menggambar/menulis pada
kertas dan hasilnya tampil di layar monitor.
�� Joystick/Gamepad
Merupakan peralatan input untuk permainan atau simulator.
�� Microphone
Bunyi masuk melalui microphone.
�� Scanner
Berfungsi untuk menyalin gambar/teks yang diletakkan di atasnya.
Hasilnya biasanya berupa gambar di komputer dengan teknologi software
terbaru bila input berupa teks maka scanner dapat mengenalinya sebagai
tulisan yang dapat dipindahkan ke aplikasi pengolah kata, seperti MS
Word.
�� Voice Recognation System
Peralatan yang digunakan untuk memasukan perintah lewat suara
atau biasanya untuk memeriksa kecocokan suara.
�� Sensor
Berupa alat yang memancarkan infra merah, merespon terhadap
benda yang melewatinya/melintasi infra merah. Infra merah juga dipakai
sebagai sensor pada robot.
�� Camera
Menangkap gambar baik berupa foto maupun video sebagai
masukan bagi komputer. Aplikasinya pada webcam (untuk chating atau
telekonverence) atau CCTV (kamera pengintai/pengawas yang dipasang
pada toko, bank, hotel bahkan rumah).
D. PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Peralatan output merupakan kebalikan fungsi dari peralatan input.
Peralatan output berfungsi menterjemahkan data yang diolah untuk dapat
diketahui oleh user.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan output, yaitu :
�� Monitor
Monitor adalah keluaran yang paling umum dimana user dapat
melihat tampilan sesuai dengan perintah yang dimasukkan. Monitor hingga
saat ini dibuat dengan dua teknlogi, yaitu CRT dan LCD.
�� Printer
Printer merupakan alat cetak output dari komputer. Printer
dibedakan menjadi tiga berdasarkan cara mencetak, yaitu : Dot matrix,
Inkjet(dan sejenisnya) dan Laser. Koneksi printer ke komputer juga ada
dua, yaitu : paralel (lama) dan USB (baru).
�� Speaker
Dengan speaker, komputer dapat menghasilkan keluaran berupa
bunyi.
�� LCD Proyektor
Menghasilkan tampilan seperti monitor hanya saja dipancarkan ke
layar atau dinding dengan tampilan lebih besar. Biasanya dipakai untuk
presentasi. Teknologi gambar yang digunakan saat ini adalah DLP dan
LCD.
E. KOMPUTER UNTUK TUJUAN KHUSUS / SPECIAL PURPOSE COMPUTER
Selain komputer yang dibuat untuk tujuan/pemakaian umum, ada juga
komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu / special purpose computer. Komputer
ini dibuat untuk mengerjakan satu tugas tertentu saja.
Contoh komputer untuk tujuan khusus adalah :
• Deep Blue, komputer yang khusus untuk memainkan catur
• GRAPE-6
• 5E89

Introcom BAB 2

BAB II
KOMPUTER DAN APLIKASINYA
A. REVOLUSI INDUSTRI
Perkembangan komputer tidak lepas pengaruhnya dari Revolusi Industri
pada tahun 1760 di Inggris. Dengan adanya Revolusi Industri kehidupan
perindustrian berubah dari mekanik menjadi mekanik elektronik bahkan elektronik.
Kehidupan manusia berubah dari masyarakat petani menjadi masyarakat industri.
Masyarakat seakan terbangun dari cara berpikir lama sulit berkembang karena
terbentur keterbatasan teknologi menjadi haus dan berlomba-lomba menguasai
teknologi terbaru.
B. REVOLUSI KOMPUTER
Seiring dengan revolusi industri yang melahirkan teknologi baru yang tiada
henti, komputerpun mengalami revolusi, dari yang bentuknya sebesar rumah
menjadi sebesar buku. Revolusi komputer belum berhenti seiring dengan terus
ditemukannya teknologi baru untuk membuat komputer semakin kecil, ringan,
cepat dan murah. Masyarakat industri mulai berubah menjadi masyarakat
informasi. Segala sesuatu yang analog berubah menjadi digital. Kemunculan
Internet merubah pola hidup dan kerja yang individu/lokal menjadi
global/mendunia karena informasi bisa didapat dan diberi dari dan ke seluruh
dunia.
C. KOMPUTER
Komputer menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah alat elektronik
otomatis yg dapat menghitung atau mengolah data secara cermat
menurut yg diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta
dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile,
dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit
penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Komputer menurut Merriam-Webster Dictionary adalah alat elektronik yang dapat
diprogram yang dapat menyimpan, menerima dan memproses data.
D. TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer)
dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video
(Williams dan Sawyer (2003)).
Teknologi Informasi menurut Merriam-Webster Dictionary adalah teknologi yang
melibatkan pengembangan, pemeliharaan dan menggunakan sistem
komputer, software dan jaringan untuk memproses dan
mendistribusikan data.
Secara umum berdasarkan definisi keduanya, komputer dan teknologi
informasi tidak dapat dipisahkan satu sama lain, bahkan dalam beberapa kasus
dapat saling dipertukarkan artinya.
E. MENGAPA KOMPUTER
Pada awalnya komputer merupakan proyek dari pemerintah tetapi dalam
perkembanganya karena komputer memerlukan teknologi tinggi dan terus
diperbaharui maka pihak akademisi pun ikut memainkan peran penting. Komputer
kemudian bukan hanya menjadi sebuah alat tetapi juga menjadi ilmu yang
dipelajari diberbagai institusi diseluruh penjuru dunia.
Ada beberapa alasan mengapa ilmu tentang komputer perlu dipelajari :
• Komputer sudah merambah hampir diseluruh lapisan dunia kerja bahkan
masyarakat biasa
• Komputer membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan produktif
• Komputer membuat kita terhubung dengan dunia luar
• Komputer merupakan lahan pekerjaan, dan lain-lain.
Mengapa komputer begitu cepat merambah dalam masyarakat terutama
dalam dunia kerja sehingga hampir tidak ada kantor yang tidak ada komputernya?
Ada beberapa alasan mengapa komputer digunakan, yaitu :
• Kecepatan
Kecepatan komputer dalam hal kalkulasi dan pengolahan data
membuat banyak pekerjaan dapat selesai lebih cepat juga, misalnya :
perhitungan bunga bank, antrian di kasir, perhitungan pajak dan lain-lain.
• Keakuratan
Kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh komputer mendekati
0%. Kalaupun terjadi kesalahan itu biasanya disebabkan karna human
error / kesalahan pengoperasian atau kesalahan program yang dijalankan.
Dengan demikian bila segala sesuatu dijalankan sesuai dengan prosedur
yang benar maka komputer menjadi sangat akurat.
• Ketahanan
Sebagaimana mesin-mesin lainnya, komputer umumnya dapat
bekerja 24 jam sehari dengan tidak mempengaruhi tingkat keakuratannya
dan pada komputer dengan spesifikasi yang bagus kecepatannya juga
tidak akan berkurang walau dijalankan berhari-hari.
• Kemampuan Penyimpanan
Dimulai dari loom cards, media penyimpanan di komputer telah
mengalami revolusinya sendiri hingga mampu memiliki kapasitas
penyimpanan hingga Terabyte. Komputer di pasaran di pertengahan tahun
2009 pada umumnya dijual dengan kapasitas hard disk > 200Gb.
• MultiTasking/Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus
Dengan komputer kita dapat melakukan beberapa pekerjaan
sekaligus, misalnya : mencetak laporan ke printer sambil mem’bakar’
datanya ke CD dengan diiringi musik.
• Kemampuan Multimedia (Hiburan)
Komputer masa kini dapat dilengkapi dengan berbagai alat
multimedia yang dapat memberikan hiburan, misalnya : Speaker, TV
Tunner, Mic, DVDRom, dan lain-lain. Adanya perlengkapan ini membuat
komputer tidak hanya dapat digunakan untuk bekerja tetapi juga menjadi
alat hiburan yang lengkap dan canggih.
F. APLIKASI KOMPUTER
Pemanfaatan komputer sangat luas sehingga hampir diseluruh bidang
pekerjaan diperlukan adanya komputer. Di bawah ini beberapa diantaranya
adalah :
• Keuangan
Proses pengelolaan keuangan menjadi sangat terbantu dengan
adanya komputer. Perhitungan bunga tabungan, kredit dan proses ATM
menggunakan komputer. Bahkan hampir disemua perusahaan
mengunakan komputer untuk mencatat keuangannya.
• Industri
Keberadaan komputer tak terpisahkan dengan industri. Pabrikasi
mobil, motor atau apapun menggunakan komputer untuk mengatur mesinmesin
bekerja secara otomatis dan akurat.
• Medis
Dunia medis pun tak ketinggalan memanfaatkan komputer.
Komputer digunakan misalnya untuk memonitoring keadaan pasien dan
mencatat rekam medis pasien.
• Perdagangan
Dengan memanfaatkan komputer proses perdagangan bisa menjadi
lebih cepat, efektif dan efisien. Kasir-kasir di swalayan, ecommerce,
barang-barang yang menggunakan barcode merupakan contoh
pemanfaatan komputer.
• Transportasi
Jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat, kapal, kereta diatur
dengan menggunakan komputer yang terhubung via internet. Pemesanan
dan pembelian tiket juga dapat dilakukan via internet.
• Komunikasi
Komunikasi data menjadi mudah dengan adanya teknologi jaringan
baik bersifat lokal (LAN) ataupun internasional (Internet). Pilihan
komunikasi menjadi sangat beragam. Komunikasi konvensional mulai
ditinggalkan dan diganti dengan komunikasi modern. Surat berganti dengan
email, telepon mendapat saingan dari chatting, video chatting, video
conference, bahkan telepon IP.
• Masih banyak lagi bidang lainnya, misalnya entertaiment, grafis,
pertambangan dan lain-lain.

Introcom BAB 1


BAB I
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.
Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu
manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan
hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap
aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki
kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.
Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu
membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan
panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan
berbagai tempat di dunia.
Peralatan Pengolahan Data digolongkan dalam 4 golongan besar :
�� Peralatan Manual : dengan tangan
�� Peralatan Mekanik : peralatan mekanik yg digerakan dengan tangan
�� Peralatan Mekanik Elektronik : peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
�� Peralatan Elektronik : peralatan yang sepenuhnya elektronik
A. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Abakus merupakan ’Komputer Otomatis Pertama’ hadir 5000 thn lalu di
Cina dan masih digunakan hingga sekarang dan dipercaya sebagai awal mula
mesin komputasi.
Abakus berupa bijian geser yang diatur dalam sebuah rak. Digunakan
untuk melakukan perhitungan perdagangan. Seiring dengan hadirnya kertas dan
alat tulis menulis di eropa, abakus mulai kurang populer.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal yang baru berumur 19 tahun menemukan
apa yang disebut Kalkulator Roda Numerik (numerical wheel calculator) untuk
membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan dinamakan Pascaline (Gambar 1.1), menggunakan
8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini
merupakan penghitung berbasis 10 (desimal). Kelemahan alat ini hanya terbatas
pada penjumlahan saja.Gambar 1.1 Pascaline
Tahun 1694 seorang filsuf dan matematikawan Jerman, Gottfred Wilhem
von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan mempelajari gambarnya hingga mesin
itu dapat melakukan perkalian.
Charles Xavier kemudian menemukan alat yang disebut Arithometer
(Gambar 1.2) yang dapat melakukan 4 operasi matematis dasar, yaitu + - x / .
Alat ini populer dan digunakan hingga perang dunia. Mereka bertiga
memulai suatu era meknikal komputasi.
Gambar 1.2 Arithometer
Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor
matematika Inggris Charles Babbage di tahun 1822. Dia memperhatikan kesuaian
antara mesin mekanik dan matematika : mesin mekanik sangat baik dalam
mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika
membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.
Ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan
differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial (Gambar 1.3). Dengan
menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat
melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Ia kemudian terinspirasi untuk memulai membuat komputer generalpurpose
yang pertama, yang disebut Analytical Engine (Gambar 1.4) dan didanai
oleh pemerintah Inggris. Mesin ini direncanakan akan digerakan dengan tenaga
uap dan benar-benar otomatis. Akan tetapi proyek ini menjadi semakin sulit
dikerjakan dan memerlukan biaya yang sangat banyak. Sepuluh tahun kemudian
proyek ini belum juga selesai dan dananya habis. Akhirnya mesin ini tidak pernah
diselesaikan. Walaupun begitu, mesin ini telah menjadi ide bagi mesin berikutnya
Anayitical Engine.
Pada tahun 1833, Babbage mulai membuat Anayitical Engine sebesar
rumah dan digerakkan oleh 6 mesin uap. Mesin ini dapat diprogram berkat adanya
tenologi punched card / kartu berlubang yang dibuat oleh Jacquard.

Gambar 1.3 Mesin Differensial
Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting
dalam pembuatan mesin ini.
Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah
Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik.
Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan
nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine
menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi
operasi bagi mesin tersebut.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu
perforasi untuk melakukan penghitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu
tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi,
Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan sensus.



Gambar 1.4 Kartu Berlubang/Loom Cards
Gambar 1.5 IBM Key Puch (Pencetak Kartu Berlubang)
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus
yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat
menyimpan hingga 80 variabel.
Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam
waktu enam minggu dan berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat
kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Ia kemudian mendirikan
perusahaannya sendiri, Tabulating Machine Company, yang kemudian menjadi
International Business Machines atau IBM.
Gambar 1.6. Mesin Tabulasi Hollerith
Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut sangat
besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk
melakukan perhitungan.
Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam
bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik
pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber
pendanaan.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang
dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja
dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.
Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki
rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan
sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik
Gambar 1.7. Mark I
Komputer ’raksasa’ berikutnya adalah Electronic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC), terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta
titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang
mengkonsumsi daya sebesar 160kW dan menempati ruangan lebih 167 m2.
Gambar 1.8. ENIAC
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.
Mauchly (1907-1980) di University of Pennsylvania,ENIAC merupakan komputer
8
serbaguna (general purpose computer) yang bekerja lebih cepat dibandingkan
Mark I. ENIAC bekerja dengan menggunakan punched card dari IBM.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) mendesain
Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945
dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data dan
mampu membedakannya. Merupakan komputer pertama yang menggunakan
bilangan biner di memori. Ini disebut arsitektur von Neumann dan digunakan di
hampir semua komputer digital hingga saat ini. Von Neumann juga
Gambar 1.9 Design Arsitektur von Neumann
Pada akhir tahun 1950, komputer bukan lagi merupakan mesin yang hanya
diproduksi oleh pemerintah dan universitas. Eckert dan Mauchly meninggalkan
University of Pennsylvania karena perdebatan tentang siapa yang memiliki hak
paten atas inovasi mereka. Mereka membuat perusahaan sendiri dan
memproduksi UNIVAC (Universal Automatic Computer ) merupakan komputer
komersial pertama yang diproduksi secara masal. UNIVAC juga merupakan
komputer pertama yang menggunakan pita magnetik.
Gambar 1.10 EDVAC
Komputer-komputer generasi pertama ditandai dengan :
Instruksi yang dibuat hanya untuk satu tugas tertentu saja.
Setiap komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda sehingga
komputer lebih sulit diprogram.
Teknologi Tube Vakum yang berukuran besar membuat komputer
generasi pertama juga memiliki ukuran yang ekstra besar
Penggunaan pita magnetik.
Dimulai pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi
perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,
dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputer generasi kedua menggantikan
bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang
menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada
saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan
program.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa
pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini
menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit
terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir
kuarsa.
Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen
ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya,
komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan
dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem
operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan
berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama
yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat
memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal
disusul oleh UVLSI (Ultra Very Large Scale Integration).
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing
unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada
awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada
komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer
(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang
digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun
1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas
(laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis
pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang
berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk
dalam golongan komputer generasi keempat.
Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar